March 5, 2024

Begini dampak Siklon Tropis Hermann di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Siklon Tropis Herman merupakan siklon tropis berupa badai yang dahsyat.

Informasi dampak Siklon Tropis Hermann penting sebagai bagian dari mitigasi bencana.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan Kamis (30/3/2023) kemarin pukul 15.47 WIB melalui akun Twitternya Siklon Tropis Hermann terlihat di Samudera Hindia selatan Banten.

BMKG memprediksi dalam tweet ini bahwa intensitas Siklon Tropis Hermann akan berkurang dalam waktu 24 jam.

Selain itu, siklon tropis Hermann akan bergerak ke timur-tenggara atau menjauhi Indonesia.

“Sahabat BMKG, Siklon Tropis Hermann telah terpantau di Samudera Hindia selatan Banten. Siklon Tropis Hermann diperkirakan akan berkurang intensitasnya dan bergerak ke arah timur-tenggara dari Indonesia dalam waktu 24 jam ke depan,” tulisnya.

Sementara itu, Dr. Erma Ullihastein, peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), merilis update Topan Tropis Hermann pada Jumat (31/3/2023) ini.

Lewat akun Twitter @EYulihastin, siklon tropis Herman masih berada di Samudera Hindia.

Namun, trennya semakin mengarah ke selatan.

Akibat adanya siklon tropis Herman, gugus awan masih terbentuk di atas Laut Jawa dan perairan selatan Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Pembaruan Hermann: Menuju ke selatan, tetapi masih ada. Badai Hermann saat ini menciptakan gugusan awan yang terbentuk dengan deras di atas Laut Jawa (kotak merah) dan Laut Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur (lingkaran merah).” Tulisnya pada hari Jumat pukul 07.47 WIB.

Dr Irma mengatakan massa awan yang terbentuk akibat Siklon Tropis Hermann akan bergerak menuju Kalimantan hari ini.

Karena itu, Irma mengimbau masyarakat Kalbar, Kalteng, dan Kalsel untuk waspada.

Peringatan juga telah dikeluarkan untuk nelayan yang berlayar di Laut Jawa.

Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan diproyeksikan menjadi daerah yang terkena dampak Siklon Tropis Hermann sebelah Bangka.

“Ya, saya setuju. Daerah terdampak berikutnya setelah Bangka adalah Kalimantan. Gugusan awan di atas Laut Jawa akan mengintensifkan angin barat di atas Laut Jawa dan bergerak menuju Kalimantan,” tulis Irma menanggapi cuitan seorang netizen.

Dampak Siklon Tropis Hermann dikonfirmasi oleh Micron Antariksa, Direktur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung.

Micron mengatakan puluhan rumah warga dan sejumlah bangunan umum di kota Bangkalpinang dan Bangka Tengah di Pulau Belitung rusak akibat topan Kamis itu.

Hujan deras disertai angin kencang dan petir mengguyur wilayah tersebut sejak siang hingga sore hari.

Micron mengatakan, peristiwa siklon yang terjadi beberapa hari terakhir diyakini terkait dengan Siklon Tropis Herman yang terpantau di Samudera Hindia selatan Banten.

Pada tanggal 3, Micron berkata, “Bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum 45 knot dan tekanan minimum 994 MB.”

Intensitas Siklon Tropis Hermann diperkirakan akan meningkat dalam 24 jam ke depan.

“Mereka bergerak lebih jauh ke tenggara dari Indonesia,” kata Micron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *