March 5, 2024

YouTube adalah salah satu platform terbesar untuk streaming video di seluruh dunia. Tidak hanya menyediakan video musik berkualitas tinggi, tetapi juga berbagai pertunjukan musik live yang bisa dinikmati.

Namun, terkadang kita ingin mengunduh musik live dari YouTube ke format MP3 agar bisa mendengarkannya kapan saja tanpa harus terhubung ke internet. Artikel ini akan membahas cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi musik live dari YouTube ke format MP3 dengan mudah dan legal menggunakan youtube music downloader.

Bagian 1: Menggunakan Situs Konversi Online

Salah satu cara paling sederhana untuk mengonversi musik live dari YouTube ke format MP3 adalah dengan menggunakan situs konversi online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser web favorit Anda dan kunjungi situs web yang menyediakan layanan konversi YouTube ke MP3. Ada banyak situs yang tersedia seperti ytmp3.cc, convert2mp3.net, atau y2mate.com.
  2. Buka tab YouTube terpisah dan temukan video musik live yang ingin Anda konversi.
  3. Salin URL video YouTube tersebut dengan menyalin tautan dari bilah alamat browser Anda.
  4. Kembali ke tab situs konversi online yang telah Anda buka sebelumnya. Di sana, Anda akan menemukan kotak teks tempat Anda dapat menempelkan URL video YouTube yang telah Anda salin.
  5. Tempelkan URL tersebut dan pilih opsi konversi ke format MP3. Biasanya, situs-situs ini akan menawarkan beberapa pilihan kualitas suara yang berbeda.
  6. Setelah Anda memilih kualitas yang diinginkan, klik tombol konversi atau unduh. Proses konversi akan dimulai, dan setelah selesai, Anda akan diberikan tautan untuk mengunduh file MP3 yang dihasilkan.
  7. Klik tautan tersebut untuk mengunduh file MP3 ke komputer atau perangkat Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengonversi musik live dari YouTube ke format MP3 tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan.

Bagian 2: Menggunakan Aplikasi Konversi

Selain situs konversi online, Anda juga dapat menggunakan aplikasi khusus untuk mengonversi musik live dari YouTube ke format MP3. Beberapa aplikasi populer yang tersedia untuk ini termasuk 4K Video Downloader, Freemake Video Converter, dan Any Video Converter. Berikut langkah-langkah umumnya menurut https://ytmp3.lc:

  1. Unduh dan instal aplikasi konversi yang Anda pilih dari situs web resmi atau toko aplikasi yang tepercaya.
  2. Buka aplikasi dan temukan opsi untuk mengonversi video YouTube ke MP3.
  3. Salin URL video YouTube musik live yang ingin Anda konversi.
  4. Tempelkan URL tersebut ke dalam aplikasi konversi.
  5. Pilih pengaturan kualitas suara yang diinginkan, dan lokasi penyimpanan untuk file MP3 yang dihasilkan.
  6. Klik tombol “Mulai” atau “Konversi” untuk memulai proses konversi. Aplikasi akan mulai mengunduh dan mengonversi video YouTube menjadi format MP3.
  7. Setelah selesai, Anda akan menemukan file MP3 yang dihasilkan di lokasi penyimpanan yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Aplikasi konversi memberikan kontrol lebih besar atas pengaturan dan kualitas hasil akhir, membuatnya menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin memiliki kontrol lebih besar atas proses konversi.

Bagian 3: Menggunakan Ekstensi Browser

Jika Anda lebih suka menggunakan ekstensi browser, beberapa ekstensi populer seperti “YouTube to MP3” atau “Video DownloadHelper” dapat membantu Anda mengonversi musik live dari YouTube ke format MP3. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

  1. Buka browser web favorit Anda dan kunjungi toko ekstensi browser seperti Chrome Web Store atau Mozilla Add-ons.
  2. Cari ekstensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal di browser Anda.
  3. Buka video YouTube musik live yang ingin Anda konversi.
  4. Cari ikon ekstensi di bilah alat browser Anda dan klik pada ikon tersebut.
  5. Pilih opsi untuk mengonversi video ke format MP3.
  6. Tunggu hingga proses konversi selesai. Biasanya, ekstensi ini akan menampilkan kemajuan unduhan dan konversi dalam bentuk persentase.
  7. Setelah selesai, Anda dapat menemukan file MP3 yang dihasilkan di folder unduhan atau folder yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Ekstensi browser adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengonversi musik live dari YouTube ke MP3 tanpa perlu meninggalkan browser Anda.

Bagian 4: Perhatikan Hak Cipta

Sangat penting untuk diingat bahwa mengonversi musik live dari YouTube ke format MP3 hanya diperbolehkan jika Anda memiliki izin untuk melakukannya. Banyak video musik live di YouTube dilindungi oleh hak cipta, dan mengunduh atau mengonversinya tanpa izin dapat melanggar hukum hak cipta.

Pastikan Anda hanya mengonversi atau mengunduh konten yang memiliki izin resmi, atau gunakan lagu-lagu yang memiliki lisensi bebas royalti. Jangan menggunakan cara ini untuk mengonversi atau mengunduh musik yang melanggar hak cipta.

Kesimpulan

Mengonversi musik live dari YouTube ke format MP3 dapat menjadi cara yang nyaman untuk mendengarkan musik favorit Anda secara offline. Namun, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan bijak dan sesuai dengan hukum hak cipta yang berlaku. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengonversi musik live dengan mudah dan mendengarkannya kapan saja tanpa perlu terhubung ke internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *